Tech

Apa Itu Chat GPT, Begini Cara Menggunakannya

ChatGPT telah menggemparkan dunia pada akhir Januari, dan merevolusi penggunaan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk membuat konten. Tapi apa sebenarnya ChatGPT itu?

Chat GPT adalah
Chat GPT adalah

Singkatnya, ini adalah model AI percakapan yang dikembangkan oleh OpenAI, sebuah laboratorium penelitian AI berdasarkan pemrosesan bahasa alami (NLP) dan pembelajaran mendalam. Ini dirancang untuk memberi pengguna cara yang mudah dan intuitif untuk berinteraksi dengan sistem AI dalam bahasa alami.

Apa itu ChatGPT?

ChatGPT adalah model bahasa canggih yang dikembangkan oleh OpenAI . Perusahaan ini adalah laboratorium penelitian AI Amerika yang didirikan pada 2015 oleh Elon Musk, Ilya Sutskever, Sam Altman, Peter Thiel, Reid Hoffman, Jessica Livingston, dan lainnya.

ChatGPT pertama kali dirilis pada 30 November 2022, tetapi rilis stabilnya dimulai pada 30 Januari 2023. Ini adalah varian dari model Generative Pre-trained Transformer 3 (GPT-3) OpenAI, model NLP masif dengan lebih dari 175 miliar parameter. Ini secara khusus dirancang untuk bekerja dengan baik pada tugas-tugas NLP percakapan, seperti menjawab pertanyaan, pembuatan teks, dan manajemen percakapan.

Tidak seperti chatbot berbasis aturan tradisional, yang bergantung pada serangkaian respon dan keputusan yang telah ditentukan sebelumnya, ChatGPT mampu menghasilkan respon seperti manusia secara real-time dengan mempelajari pola dan hubungan dalam data yang dilatihnya.

Bagaimana cara kerja ChatGPT?

Cara Buat Akun ChatGPT
Cara Buat Akun ChatGPT

ChatGPT didasarkan pada arsitektur transformer , jenis jaringan saraf yang dirancang untuk tugas NLP yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017 – sejak itu menjadi arsitektur dominan untuk model NLP.

Gagasan kunci di balik arsitektur transformator adalah menggunakan mekanisme perhatian-diri, yang memungkinkan model menimbang pentingnya kata masukan yang berbeda saat membuat prediksi. Dengan demikian, model dapat menangkap ketergantungan jangka panjang dan hubungan antar kata. Kemampuan ini sangat penting untuk memahami makna sebuah kalimat.

Dalam kasus ChatGPT , model dilatih sebelumnya pada sekumpulan besar data teks yang mencakup berbagai topik dan gaya penulisan. Selama proses pra-pelatihan ini, model belajar membuat teks yang mirip dengan teks masukan yang dilatihkan. Kemudian, itu disesuaikan untuk tugas NLP tertentu, seperti menjawab pertanyaan atau manajemen percakapan, dengan melatihnya pada kumpulan data khusus tugas yang lebih kecil. Proses penyempurnaan ini memungkinkan model beradaptasi dengan persyaratan khusus tugas dan mencapai kinerja yang lebih baik.

ChatGPT vs. GPT-3: apa bedanya?

ChatGPT adalah varian dari model GPT-3 OpenAI, tetapi dirancang untuk bekerja dengan baik pada tugas percakapan NLP. Perbedaan utama antara ChatGPT dan GPT-3 adalah jenis data tempat mereka dilatih dan tugas NLP spesifik yang dirancang untuk mereka lakukan.

GPT-3 adalah model NLP tujuan umum yang dilatih pada kumpulan besar data teks dari internet. Itu mampu melakukan berbagai tugas NLP, seperti terjemahan bahasa, peringkasan, dan klasifikasi teks.

ChatGPT dirancang khusus untuk tugas NLP percakapan. Ini dilatih pada kumpulan data teks percakapan yang lebih kecil dan disesuaikan untuk tugas NLP percakapan.

Apa yang bisa dilakukan ChatGPT?

Chatbot OpenAI mampu melakukan berbagai tugas percakapan NLP, termasuk:

Menjawab pertanyaan: dapat menjawab pertanyaan dengan menemukan informasi yang relevan dalam kumpulan besar data teks dan menghasilkan jawaban dalam bahasa alami. Ini menjadikannya alat yang berharga untuk bisnis yang ingin meningkatkan tugas dukungan TI dan komunikasi Layanan Pelanggan , karena dapat menjawab pertanyaan umum pelanggan dengan cepat dan akurat.

Pembuatan teks: Itu dapat menghasilkan teks berdasarkan prompt yang diberikan, membuatnya berguna untuk tugas-tugas seperti pengembangan chatbot, pembuatan konten, dan terjemahan bahasa.

Manajemen percakapan : Dapat memahami dan menanggapi input bahasa alami, menjadikannya alat yang berharga untuk mengotomatiskan interaksi layanan pelanggan dan meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

Keterbatasan ChatGPT

Meskipun mungkin tampak ajaib dan sempurna, ada beberapa kerugian menggunakan ChatGPT , terutama untuk profesional dan bisnis.

Pertama dan yang paling penting, itu tidak selalu benar. Itu bisa gagal dalam matematika dasar, berjuang untuk menjawab pertanyaan logika, dan bahkan memberikan informasi yang tidak akurat yang terdengar masuk akal tetapi salah. Kurangnya akurasi ini berarti tidak dapat diandalkan untuk tugas atau keputusan penting. Sebagian alasannya adalah karena tidak terhubung ke internet, dan kumpulan data diperbarui hingga musim panas 2021.

Keterbatasan lain dari ChatGPT adalah kurangnya interaksi manusia. Meskipun dapat mengadakan percakapan dan memberikan informasi, itu tidak memiliki kemampuan untuk memberikan umpan balik yang dipersonalisasi atau melakukan percakapan yang bermakna dengan orang-orang. Ini dapat menyebabkan kurangnya keterlibatan dan koneksi antara pengguna dan chatbot.

Akhirnya, telah dikritik karena penggunaan etis atau penyalahgunaannya. Karena berpotensi digunakan dengan cara yang tidak etis, seperti membuat berita palsu atau menyebarkan informasi palsu, baik pengguna maupun pengembang harus berhati-hati dengan cara penggunaan alat tersebut.

Cara Menggunakan ChatGPT

Cara Menggunakan ChatGPT
Cara Menggunakan ChatGPT

Ada beberapa cara untuk menggunakan ChatGPT, tergantung pada kebutuhan dan keahlian teknis Anda. Berikut adalah beberapa pilihan:

Colab Notebooks: OpenAI memberikan akses gratis ke Colab Notebooks yang memungkinkan Anda bereksperimen dan menyempurnakan ChatGPT untuk tugas NLP tertentu. Ini adalah opsi yang bagus untuk peneliti dan pengembang yang ingin mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang model dan cara kerjanya.

API : OpenAI menawarkan API yang memungkinkan pengembang mengakses kemampuan penuh ChatGPT dan membuat aplikasi khusus yang menggunakan model tersebut. Ini adalah opsi yang paling fleksibel dan kuat, karena memungkinkan pengembang membuat aplikasi khusus dan mengintegrasikan ChatGPT ke dalam sistem yang ada.

Pre-built applications: OpenAI juga menawarkan aplikasi pra-bangun yang menggunakan ChatGPT, termasuk pembuat chatbot dan alat penghasil bahasa. Aplikasi ini mudah digunakan dan tidak memerlukan keahlian teknis, menjadikannya pilihan yang bagus untuk bisnis dan individu yang ingin mengotomatiskan tugas dengan cepat dan mudah.

Jika Anda hanya ingin melihat cara kerjanya, Anda dapat dengan mudah membuat akun untuk mengujinya. Cukup ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka situs web OpenAI .
  2. Klik opsi “Coba”.
  3. Buat akun dengan memasukkan nama, nomor telepon, dan alamat email Anda.
  4. Tulis perintah di “Kotak kueri”, tekan “Enter”, dan selesai!

ChatGPT ini tidak diragukan lagi telah meningkatkan bidang pembuatan konten AI dengan menghadirkan cara inovatif untuk membangun teks berdasarkan premis percakapan.

Sisi baiknya adalah dapat membuat berbagai macam konten dan membantu Anda menghindari halaman kosong. Plus, gratis (untuk saat ini), dan antarmukanya cukup sederhana. Namun, ini juga memiliki beberapa kelemahan. Dua dari yang paling relevan adalah bahwa itu bisa tidak akurat, dan memiliki masalah keandalan karena jumlah lalu lintas yang diterima situs web setiap hari.

Namun demikian, ChatGPT adalah alat canggih yang dapat membantu Anda dan bisnis Anda. Ingatlah apa tujuan Anda saat memilih antara ChatGPT atau salah satu alternatifnya.

Siapa yang membuat ChatGPT?

Itu dibuat oleh OpenAI, laboratorium penelitian AI Amerika yang didirikan pada 2015 oleh Sam Altman, Reid Hoffman, Jessica Livingston, Elon Musk, Ilya Sutskever, Peter Thiel, dan lainnya.

Bisakah ChatGPT menulis esai?

Ya. Jika diminta dengan benar, ChatGPT memiliki kekuatan untuk menulis esai atau karangan prosa. Namun, dibutuhkan manusia untuk mendeteksi apakah informasi yang ditampilkan dalam esai itu akurat.

Apakah ChatGPT menyimpan data?

Chatbot OpenAI mengumpulkan data untuk meningkatkan model dan menggunakan percakapan untuk pelatih. Oleh karena itu, perusahaan mendorong pengguna untuk tidak membagikan informasi sensitif dalam percakapan. Anda dapat menghapus akun Anda dengan mengklik di sini .

Bagaimana cara menyimpan percakapan ChatGPT?

ChatGPT menyimpan percakapan secara otomatis. Anda dapat mengaksesnya dari bilah alat di sebelah kiri, di belakang opsi untuk membuat obrolan baru.

Berapa biaya ChatGPT?

Tidak ada informasi tentang harga alat di masa mendatang. Versi pengujiannya gratis, dan perusahaan sedang mempertimbangkan untuk membuat paket Premium untuk memonetisasinya.
Apakah ChatGPT memiliki batas kata? Meskipun tidak ada batasan kata resmi, ada beberapa pengguna yang melaporkan bahwa mereka menghentikan ChatGPT setelah beberapa kata.
Berapa banyak pengguna yang dimiliki ChatGPT? Perusahaan analitik Similarweb memperkirakan bahwa ChatGPT mencapai 100 juta pengguna aktif bulanan di bulan Januari.

Mengapa ChatGPT down?

ChatGPT is at capacity right now
ChatGPT is at capacity right now

ChatGPT menanggapi fakta bahwa alat ini sedang dalam tahap pengujian, dan karena volume lalu lintas yang tinggi, kinerja alat ini dapat turun dari waktu ke waktu. Jika ChatGPT mencapai kapasitasnya, berarti sistem sedang mengalami volume lalu lintas atau permintaan yang tinggi, dan tidak dapat menangani permintaan tambahan apa pun saat ini. Anda mungkin perlu mencoba lagi nanti saat sistem tidak sibuk.

Cara memperbaikinya gagal masuk akun chatGPT yang berada pada Kapasitas Maksimal. Saya menerima pesan yang mengatakan: ChatGPT is at capacity right now, ini pada dasarnya berarti server sedang sibuk karena ada banyak orang yang mencoba mengakses chat GPT dan tidak dapat menerima lebih banyak pengguna. Namun ada cara yang bisa Anda lakukan, caranya cukup mudah hanya dengan refresh halaman web dengan interval beberapa detik sampai Anda di bawa ke halaman login.

Dewi

[dewi@berbagiteknologi.com] Hi, Saya adalah seorang perempuan pendiam yang tertarik dengan semua hal tentang teknologi , kesibukan saya sekarang adalah kuliah dan menjadi content writer untuk situs Berbagi Teknologi ini.

Related Articles

Back to top button