Tips

Cara Membuat Kode QR Unik dalam 5 Langkah

Mulai dari menu restoran hingga pintu kamar mandi, Anda dapat menemukan kode QR unik di mana saja saat ini. Faktanya, kode QR selalu hadir sehingga 45% pembeli menggunakan kode QR terkait pemasaran pada tahun 2021 hingga sekarang pada tahun 2023.

Tidak dapat disangkal popularitas dan kenyamanan kode QR. Tapi, apa sebenarnya itu dan bagaimana Anda bisa membuatnya untuk kampanye pemasaran Anda berikutnya?

Cara Membuat Kode QR Unik dalam 5 Langkah

Apa itu kode QR?

Kode QR adalah kependekan dari kode ‘respon cepat’. Ini adalah simbol hitam-putih berbentuk persegi yang dipindai dengan ponsel cerdas atau laser untuk mempelajari lebih lanjut tentang suatu produk atau layanan. Kotak terenkripsi ini dapat menyimpan konten, tautan, kupon, detail acara, dan informasi lain yang ingin dilihat pengguna.

Kode QR biasanya terlihat seperti ini:

 

pindai kode qr

Tidak semua kode QR berbentuk persegi sempurna. Terkadang mereka memiliki pola, warna, dan logo unik yang ditampilkan di dalamnya. Anda akan menemukannya di ruang non-digital seperti surat langsung, papan iklan, papan reklame, dan bahkan acara TV tempat Anda dapat memindai kode di layar menggunakan ponsel Anda.

Perbedaan Kode QR dan Barcode

perbedaan qr code dan barcode

Kode QR dan kode batang serupa karena keduanya merupakan representasi visual dari data, namun cara membaca informasi yang disimpan di dalamnya membedakan keduanya. Barcode bersifat satu dimensi dan data yang disimpan di dalamnya dibaca secara horizontal. Kode QR berbentuk dua dimensi dan data yang tersimpan di dalamnya dibaca secara horizontal dan vertikal.

Baik barcode maupun kode QR dapat dipindai menggunakan laser atau smartphone selama alat yang digunakan memiliki kemampuan membaca data vertikal dan horizontal yang benar. Meskipun sebagian besar ponsel cerdas memindai kode QR secara otomatis, banyak yang tidak memindai kode batang dengan mudah — Anda memerlukan aplikasi khusus untuk itu.

Apakah maraknya kode QR berarti kode batang tradisional sudah ketinggalan zaman? Tentu saja tidak. Barcode tradisional masih menjadi cara yang umum bagi bisnis untuk mengidentifikasi barang kemasan konsumen (CPG) dan mengelola inventaris produk mereka.

Namun, ada beberapa perbedaan antara barcode dan kode QR, baik dalam kegunaan maupun karakteristiknya. Berikut adalah tiga perbedaan penting.

Kode QR Bentuknya Berbeda

Barcode biasanya berbentuk persegi panjang, sehingga memerlukan perangkat pemindai untuk membaca data barcode secara horizontal. Kode QR seringkali berbentuk persegi, menampilkan datanya secara vertikal dan horizontal.

Kode QR Menyimpan Data Berbeda

Kode QR sering kali digunakan secara berbeda dari kode batang. Barcode menyimpan informasi produk penting di tempat penjualan, seperti harga dan nama produsen. Kode QR menawarkan informasi yang lebih pasif dan tidak berwujud, seperti data lokasi dan URL ke halaman promosi dan landing produk.

Kode QR Menyimpan Lebih Banyak Data

Karena bentuk kode QR yang persegi, kode ini dapat menampung lebih banyak data dibandingkan dengan kode batang. Kode QR dapat menampung karakter terenkripsi ratusan kali lebih banyak daripada kode batang.

Kita belajar sedikit tentang perbedaan barcode dan kode QR, tapi bagaimana sebenarnya cara kerja kode QR?

Bagaimana cara kerja kode QR?

Awalnya dirancang di Jepang untuk digunakan dalam industri otomotif, para pemasar mengadopsi kode QR karena kapasitas penyimpanannya yang besar dan kemampuannya untuk menerjemahkan informasi tambahan kepada konsumen di luar apa yang dapat ditampilkan dalam kemasan atau iklan suatu produk.

Katakanlah konsumen melihat kode QR. Mereka dapat mengeluarkan perangkat seluler, mengunduh aplikasi pemindaian kode QR gratis, atau cukup menggunakan kamera ponsel, dan memindai kode QR untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang apa yang mereka lihat.

Jika Anda ingin membuat, misalnya, iklan halte bus yang mempromosikan podcast Anda, Anda dapat menampilkan kode QR pada iklan cetak tersebut yang membawa orang langsung ke halaman iTunes Anda saat mereka memindainya dengan ponsel mereka. Cukup sederhana, bukan?

  1. Kunjungi https://www.qr-code-generator.com
  2. Masukkan URL Anda.
  3. Sesuaikan bingkai, bentuk, dan warna kode QR Anda.
  4. Klik ‘Unduh’ dan simpan file ke komputer Anda.
  5. Tambahkan kode QR untuk mencetak.

Proses pembuatan kode QR cukup mudah, apa pun perangkat yang Anda gunakan. Inilah cara memulainya.

Cara Membuat Kode QR Unik di Perangkat Anda

Langkah 1: Kunjungi qr-code-generator.com

kode qr organisasi vivo

Menggunakan browser apa pun di sistem operasi apa pun, kunjungi web di atas. Ingatlah bahwa Anda tidak perlu menggunakan alat ini; Anda dapat memilih generator kode QR berbasis web apapun. Jika Anda memerlukan beberapa ide, lihat daftar kami.

Langkah 2: Masukkan URL Anda.

kode qr vivo y81

Untuk sebagian besar kode QR, Anda ingin mengarahkan pengguna ke URL. Jika demikian, masukkan URL di alat tersebut. Anda juga dapat memilih dari tipe konten lainnya, termasuk kartu kontak, PDF, dan MP3. Di bagian bawah, Anda juga memiliki opsi untuk membuat kode QR untuk file Microsoft Word dan PowerPoint. Opsi konten yang tepat akan bervariasi menurut alat.

Setelah Anda memilih jenis konten, sebuah bidang atau formulir akan muncul di mana Anda dapat memasukkan informasi yang sesuai dengan kampanye Anda. Misalnya, jika Anda ingin kode QR menyimpan informasi kontak, Anda akan melihat serangkaian kolom tempat Anda dapat memasukkan alamat email, baris subjek, dan pesan terkait.

Setelah Anda memasukkan URL atau mengunggah file Anda, kode QR akan segera dibuat yang siap diunduh. Namun, kami menyarankan untuk menyesuaikannya untuk memperkuat identitas merek Anda.

Langkah 3: Sesuaikan bingkai, bentuk, dan warna kode QR Anda.

gambar kode qr wifi

Bagian yang menyenangkan dalam membuat kode QR adalah menyesuaikan desain kode agar sesuai dengan merek Anda. Ingin kode Anda memuat logo Anda? Lakukanlah. Ingin mencerminkan skema desain situs web Anda? Tidak masalah.

Generator front-end di qr-code-generator.com menawarkan pilihan bingkai, bentuk, dan warna terbatas yang memungkinkan Anda menyesuaikan kode QR Anda. Jika Anda menginginkan lebih banyak opsi, kami sangat menganjurkan Anda untuk mendaftar di situs web dan mengedit kode QR Anda melalui portal pembuat alat.

Berikut ini salah satu contoh bagaimana Anda dapat menyesuaikan kode QR setelah Anda mendaftar akun Pembuat Kode QR:

Ingatlah bahwa tidak semua pembuat kode QR menawarkan opsi desain ini sebelum atau setelah mendaftar. Bergantung pada kode QR yang ingin Anda buat, Anda mungkin menemukan beberapa alat terbatas fungsinya.

Langkah 4: Klik “Unduh” dan simpan file ke komputer Anda.

pemindai kode qr

Jika Anda hanya mencoba membuat kode QR dengan cepat, jangan khawatir untuk mendaftar. Sebagai gantinya, klik tombol Unduh.

Pengunduhan Anda akan segera dimulai, tetapi situs web akan mencoba menipu Anda agar mendaftar. Abaikan pesan ini kecuali Anda benar-benar ingin mendaftar. Di bagian atas, Anda akan melihat pesan yang menyatakan kode QR Anda sedang dibuat dan Anda tidak boleh menyegarkan jendela. Jendela unduhan pop-up akan muncul dalam 2 menit.

Langkah 5: Tambahkan kode QR untuk mencetak.

Kode QR tidak akan dapat melakukan tugasnya kecuali orang lain melihatnya. Jadi pastikan Anda menambahkan kode ke materi apa pun yang akan membantu Anda memasarkan bisnis Anda. Hal ini dapat mencakup menampilkannya di iklan cetak, di pakaian, atau di lokasi fisik di mana orang dapat mengeluarkan ponselnya untuk memindainya. Gulir ke bawah untuk mengetahui tips lebih lanjut tentang cara menampilkan kode QR dengan benar.

Adapun cara menambahkan file JPG atau vektor untuk dijadikan jaminan pencetakan, Anda dapat melakukannya dengan berbagai alat, antara lain:

  • Canva: Canva adalah alat desain online yang memungkinkan Anda mengimpor file JPG dan menambahkannya ke desain Anda. Menawarkan templat brosur dan brosur untuk memudahkan pembuatan.
  • BeFunky: BeFunky adalah alat yang mirip dengan Canva dan juga memungkinkan Anda menambahkan file JPG ke desain. Ia juga menawarkan templat untuk Anda pilih.
  • Adobe Illustrator dan InDesign: Jika Anda adalah pengguna yang lebih mahir, Anda dapat menggunakan alat desain grafis khusus untuk menambahkan kode QR ke pamflet dan brosur. Illustrator cocok untuk desain satu halaman; InDesign lebih cocok untuk brosur multi-halaman.

Jika Anda menggunakan perangkat seluler, kabar baiknya: Anda dapat dengan mudah membuat kode QR yang dapat Anda bagikan dengan kolega dan calon pelanggan saat bepergian. Anda memerlukan aplikasi Google Chrome untuk melakukannya.

Cara Membuat Kode QR di HP Android

Membuat kode QR di perangkat Android sangatlah mudah dengan aplikasi Chrome. Anda hanya dapat membuat kode QR untuk URL, tetapi ini adalah alat yang berguna ketika Anda perlu berbagi halaman produk atau postingan blog dengan cepat kepada seseorang.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi Google Chrome dari Google Play Store.
  2. Arahkan ke URL yang ingin Anda bagikan.
  3. Klik tiga titik vertikal (⋮) di toolbar atas.
  4. Ketuk Bagikan.
  5. Pada pop-up, pilih Kode QR.
  6. Klik Unduh di bagian bawah atau angkat ponsel Anda agar seseorang dapat memindai kodenya.

Cara Membuat Kode QR di HP iOS

Sama seperti di Android, Anda dapat dengan mudah membuat Kode QR di iPhone atau iPad apa pun. Begini caranya:

  1. Unduh aplikasi Google Chrome dari App Store. Catatan: Anda tidak dapat membuat Kode
  2. QR dari aplikasi pencarian Google, hanya aplikasi Chrome.
  3. Arahkan ke URL yang ingin Anda bagikan.
  4. Ketuk tombol Bagikan di sudut kanan atas.
  5. Pilih Buat Kode QR.

Tahan agar seseorang dapat memindai atau ketuk Bagikan. Opsi ini memungkinkan Anda mencetak kode QR, menyimpan gambar ke rol kamera, atau menyimpannya ke file Anda.

Cara Membuat Kode QR untuk PC Desktop Menggunakan Chrome

Membuat kode QR dengan Chrome di desktop semudah di Android dan iOS. Berikut cara melakukannya:

  1. Buka Chrome di desktop Anda.
  2. Buka URL yang ingin Anda bagikan.
  3. Untuk pengguna komputer Linux, Windows, dan Mac, navigasikan ke sisi kanan bilah alamat, klik Bagikan, dan pilih kode QR.
  4. Untuk pengguna Chromebook, navigasikan ke bilah alamat lalu kode QR.
  5. Salin tautan QR, klik unduh untuk mengunduh kode QR, atau pindai kode QR dengan kamera di perangkat lain.

Cara Menggunakan Kode QR (Dan Bagaimana Tidak Menggunakannya)

Sekarang setelah Anda melihat betapa sederhananya proses pembuatan kode QR, mari kita bahas beberapa praktik terbaik yang akan meningkatkan kemungkinan kode QR Anda benar-benar digunakan. Tampilkan kode QR Anda di tempat yang nyaman bagi orang untuk memindai.

Letakkan kode QR di tempat yang mudah dipindai dan terdapat cukup waktu bagi konsumen untuk memindai kode tersebut. Meskipun Anda mungkin sering melihat kode QR di papan reklame dan iklan TV, kode tersebut bukanlah lokasi yang paling ramah pengguna. Membujuk orang untuk mengeluarkan ponselnya saat mengemudi untuk memindai kode merupakan bahaya keselamatan, dan iklan berdurasi 30 detik mungkin tidak cukup bagi seseorang untuk menemukan ponselnya dan memindai TV.

Sebaliknya, pikirkan tempat di mana konsumen mempunyai waktu dan kemampuan untuk memindai kode. Tempat-tempat dengan koneksi Wi-Fi yang kuat juga akan membantu.
Optimalkan halaman tujuan QR untuk perangkat seluler.

Optimalkan halaman tujuan pengiriman orang untuk seluler. Konsumen akan menggunakan ponsel mereka saat memindai kode QR, sehingga mereka akan sampai pada halaman dengan pengalaman seluler yang positif. Sertakan CTA yang meminta orang memindai kode QR Anda.

Tawarkan ajakan bertindak (CTA) dengan kode tersebut — artinya, beri tahu orang-orang apa yang harus mereka lakukan ketika mereka melihat kode tersebut, dan apa yang akan mereka terima jika mereka memindainya. Tidak semua orang tahu persis apa itu kode QR, dan mereka yang tahu tidak akan termotivasi untuk memindainya kecuali mereka yakin ada sesuatu yang berharga di sisi lain. Jangan batasi kode QR Anda pada satu pemindai seluler.

Tidak memerlukan pemindai kode QR khusus. Kode QR Anda harus bebas aplikasi sehingga siapa pun dapat memindai kode Anda dengan pembaca mana pun. Hambatan masuk yang lebih rendah membuat kesuksesan lebih besar bagi Anda dan pengguna.

Gunakan Kode QR Unik untuk Mempermudah Pekerjaan

Jangan gunakan kode QR hanya untuk kepentingan menggunakannya. Misalnya, pemasar biasanya berpikir, “Bagaimana saya bisa menjembatani pengalaman offline dengan pengalaman online? kode QR!” Hal tersebut tidak salah, namun juga tidak selalu benar.

Jika Anda memiliki konten yang masuk akal untuk disampaikan kepada pengguna seluler, dan Anda memiliki saluran yang sesuai untuk melakukannya (lihat penggunaan #1 di awal bagian ini), kemungkinan besar kode QR Anda akan memberikan hasil.
Bagaimana Tidak Menggunakan Kode QR

Anda tidak ingin menambahkan kode QR ke konten digital yang terutama dikonsumsi orang-orang di perangkat seluler mereka. Ini termasuk postingan media sosial, cerita, video, dan pesan SMS. Tentu saja, masing-masing jenis konten ini secara teknis dapat dilihat di luar ponsel cerdas, namun biasanya tidak, jadi simpan saluran tersebut untuk URL tradisional dan metode berbagi.

Sebelumnya, kami telah menunjukkan contoh cara membuat kode QR Anda sendiri, tetapi Anda tidak harus membuatnya dari awal. Generator kode QR dapat mempercepat prosesnya (dan juga menghilangkan banyak perhitungan).

Rekomendasi Generator Kode QR Online Terbaik

  1. https://qrcode.kaywa.com
  2. https://goqr.me
  3. https://www.shopify.com/tools/qr-code-generator
  4. https://www.visualead.com/qr-code-generator
  5. https://www.the-qrcode-generator.com
  6. https://www.qrstuff.com
  7. https://www.qr-code-generator.com
  8. https://www.qrcode-monkey.com

Ada banyak sekali pembuat kode QR di luar sana. Yang terbaik memberi Anda banyak pilihan yang dapat disesuaikan untuk menggunakan kode QR Anda, dan kompatibilitas dengan hampir semua aplikasi pembaca kode QR seluler.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat memilih pembuat kode QR adalah apakah Anda dapat melacak dan menganalisis kinerja secara real-time dan merancang kode yang unik untuk merek Anda.

Di bawah ini adalah beberapa generator kode QR favorit kami yang membuat kode QR khusus menjadi cepat dan mudah dibuat.

1. GOQR me

kode qr rahasia

GOQR.me adalah generator kode QR sederhana yang berfungsi paling baik dengan URL pendek, namun dapat digunakan untuk menyimpan teks, geolokasi, dan data acara. Cukup klik ikon yang sesuai dengan data Anda dan isi kolomnya.
Mengapa kami menyukainya:

Anda akan mendapatkan pratinjau langsung kode QR Anda secara real-time yang mempercepat jika Anda menambahkan sentuhan akhir pada kampanye pemasaran Anda. Dengan biaya tambahan, logo Anda juga dapat ditambahkan ke kode QR Anda oleh desainer yang berafiliasi dengan GOQR.me untuk tampilan khusus.

2. Kaywa

kode qr telkomsel

Kaywa adalah generator kode QR sederhana dan mudah yang membuat kode dasar untuk kupon, URL, dan informasi kontak. Cukup masukkan informasi Anda, pilih apakah Anda menginginkan kode dinamis atau statis, dan buatlah.
Mengapa kami menyukainya:

Jika Anda menggunakan kode QR sebagai bagian dari kampanye pemasaran, Anda dapat melacak analitik melalui Kaywa saat Anda membuat akun. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan data terbaru tentang siapa yang berinteraksi dengan kode Anda, di mana mereka berinteraksi, dan kapan.

3. Visualead

kode qr vivo

Mencari kode QR unik yang sesuai dengan merek Anda dengan huruf “T”? Visualead adalah alat yang kami rekomendasikan untuk pekerjaan itu.
Mengapa kami menyukainya:

Kode QR visual sangat populer dan dapat meningkatkan minat pengguna Anda dibandingkan kode hitam putih pada umumnya. Itu berarti Anda dapat melihat lebih banyak pemindaian dan keterlibatan pada jenis kode QR ini.

4. QR Code Generator Shopify

gambar kode qr

Kode QR berfungsi paling baik bila Anda memiliki sesuatu untuk ditawarkan kepada orang yang memindainya. Dan kemungkinan besar, Anda mungkin menjual produk kepada orang-orang yang membeli produk secara online dengan ponsel mereka setiap hari.
Mengapa kami menyukainya:

Shopify memudahkan pembuatan kode QR hanya dalam satu klik. Bagian terbaiknya adalah Anda tidak perlu memiliki toko Shopify untuk menggunakan alat gratis ini.

5. QRstuff

pembaca kode qr

Sebagai salah satu pembuat kode QR yang lebih tangguh, QR Stuff dapat membuat kode untuk hampir semua jenis data yang ingin Anda bagikan kepada dunia. Video YouTube, undangan rapat Zoom, dan bahkan informasi bitcoin didukung melalui alat ini.
Mengapa kami menyukainya:

Hanya dalam tiga langkah, Anda akan mendapatkan kode QR gratis yang dapat disesuaikan dan berfungsi dengan baik dan tampak hebat. Selain itu, tidak ada batasan jumlah kode yang dapat Anda buat.

6. The QRcode Generator

foto kode qr

The qrcode generator menampilkan UI sederhana yang memungkinkan Anda membuat kode QR unik dalam hitungan menit. Cukup tambahkan URL Anda atau informasi yang ingin Anda bagikan dan kode QR Anda langsung muncul. Mengapa kami menyukainya:

Jika Anda membuat beberapa kode QR sekaligus, Anda mungkin perlu mengunduh ekstensi Google Chrome untuk alur kerja yang lebih cepat.

7. QRcode Monkey

kode qr grab

Jika tampilan kode QR Anda penting bagi Anda, tetapi Anda tidak ingin membayar ekstra untuk desain khusus, cobalah QR Code Monkey. Setelah Anda menambahkan URL, Anda dapat mengubah warna, menambahkan logo, dan menyesuaikan lebih lanjut piksel dalam kode Anda tanpa biaya.
Mengapa kami menyukainya:

Dengan QR Code Monkey, kemungkinan desain hampir tidak terbatas. Yang Anda perlukan untuk membuat kode QR bermerek hanyalah mata kreatif dan sedikit kesabaran.
Praktik Terbaik Kode QR

8. QR Code Generator

gambar kode qr wa

Kami menggunakan pembuat kode QR ini dalam panduan cara kami di atas, dan untuk alasan yang bagus. Qr-code-generator.com adalah alat sederhana yang mudah digunakan bahkan bagi kita yang paling tidak paham teknologi. Cukup masukkan tautan Anda ke dalam kotak, dan biarkan generator melakukan semua pekerjaannya.
Mengapa kami menyukainya:

QR-code-generator.com bersifat intuitif. Ini akan secara otomatis mendeteksi jenis URL yang Anda tambahkan dan menghasilkan kode QR dalam hitungan detik.

Praktik Terbaik Kode QR

1. Mendaftar akun di situs web pembuat kode QR

Salah satu kendala besar dalam membuat kode QR adalah Anda tidak dapat mengedit data di dalamnya setelah Anda mencetaknya. Namun dengan mendaftar akun, Anda dapat mengedit data ini. Ini sangat penting jika Anda ingin menggunakan banyak kode QR dalam strategi pemasaran Anda.

Dengan keanggotaan gratis pada pembuat kode QR seperti qr-code-generator.com, Anda dapat mencetak kode QR dinamis, memindainya, dan membuka formulir yang dapat diedit di mana Anda dapat mengubah data yang akan diterima pengunjung Anda saat mereka memindai kode QR diri. Anda juga dapat melacak analisis kinerja, yang akan kami bahas di bawah, dan membuat versi baru kode Anda yang disesuaikan.

2. Sesuaikan kode QR Anda

Kode QR mungkin membosankan untuk dilihat, tetapi tidak jika Anda menyesuaikannya sebanyak mungkin. Jika Anda mendaftar akun di situs web pembuat kode QR, Anda dapat menyesuaikan kode QR lebih lanjut — menyesuaikan warna, menambahkan logo, membuat opsi sosial, dan banyak lagi.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa penyesuaian dapat mempersulit aplikasi pemindaian kode QR dan kamera ponsel cerdas untuk membaca kode dengan benar. Untuk menutupi kebutuhan Anda, sebaiknya buat dua versi kode QR Anda — satu versi biasa dan satu lagi dengan desain pilihan Anda.

3. Uji kode QR untuk memastikan kode tersebut dipindai

Jangan lupa untuk memeriksa apakah kode QR terbaca dengan benar, dan pastikan untuk mencoba lebih dari satu pembaca kode QR. Tempat yang baik untuk memulai adalah alat gratis Google Lens, yang mengambil gambar dan kemudian memberi tahu Anda tautan atau item apa yang “dibacanya”.

Alat gratis hebat lainnya adalah aplikasi QR Code Reader, yang secara otomatis membawa Anda ke apa pun yang “dibacanya”. Sebagian besar ponsel cerdas saat ini dilengkapi pembaca kode QR bawaan, jadi Anda harus mengujinya untuk memastikan kode Anda juga dapat dibaca di sana.

4. Melacak dan menganalisis kinerja

Sama seperti kampanye pemasaran lainnya, Anda harus menindaklanjuti jaminan atau kampanye apa pun menggunakan kode QR untuk melihat apakah kampanye tersebut benar-benar berfungsi. Berapa banyak lalu lintas yang berasal dari setiap kode tertentu? Apakah orang-orang memindai kode Anda tetapi tidak menukarkan penawaran mereka setelah mereka membuka halaman landing? Atau apakah mereka bahkan tidak cukup terdorong untuk memindai kode QR Anda?

Mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda memecahkan masalah dan menyesuaikan kode QR yang berkinerja buruk agar lebih mencerminkan kode yang berfungsi dengan baik.

Saya sarankan Anda menyertakan kode pelacakan UTM di URL Anda sehingga Anda dapat mengukur kinerja dengan lebih baik. Hal ini sangat penting jika Anda menggunakan analisis pemasaran loop tertutup atau jika Anda melakukan pelaporan yang lebih mendalam tentang kampanye Anda.

Buat Kode QR Anda Sekarang

Sekarang giliran Anda! Anda telah menghabiskan cukup banyak waktu untuk memindai kode QR, mengapa tidak membuatnya sendiri? Ikuti langkah-langkah dalam artikel dari Berbagi Teknologi ini dan gunakan salah satu pembuat kode QR gratis yang kami rekomendasikan untuk menampilkan bisnis, proyek, atau acara Anda di dunia nyata.

Siska

[siska@berbagiteknologi.com] Hi, Saya adalah seorang cewek bawel yang mencintai dunia teknologi sejak kecil, kesibukan saya sekarang adalah kuliah dan juga menjadi penulis untuk situs Berbagi Teknologi ini.

Related Articles

Back to top button