Review

Android 14 Apa Namanya, Ini Bocoran Fitur Barunya

Google sudah mengerjakan Android versi terbaru, yakni Android 14 yang merupakan pembaruan versi besar pada tahun 2023. Siklus rilis tahunan biasanya selalu ada produk bagus untuk pengguna Android, inilah yang kami ketahui. Android terbaru versi berapa? meski terdengar gila, Android 14 sebenarnya adalah rilis Android ke 34.

android 14 apa namanya

Beberapa versi merupakan rilis decimal seperti Android 8.1 Oreo yang tetap mempertahankan namanya tetapi menambah nomor versinya. Hal ini sebenarnya tidak terjadi lagi kecuali Android 12L terutama setelah beralih dari julukan makanan penutup.

Sama seperti Anda, kami juga menunggu rilis terbaru Android 14. Komunitas pengembang Android telah menerbitkan pratinjau pengembang pertama Android 14 awal tahun ini pada bulan Februari 2023.

Sejak itu, perbaikan telah dilakukan di bidang kinerja, privasi, keamanan, dan penyesuaian. Bug terus diperbaiki, dan beberapa fitur baru telah ditambahkan ke versi pengembang dan beta Android 14. Versi android terbaru dirilis pada 10 Agustus. Android 14 codename adalah Android Upside-Down Cake, dan Android U adalah pendahulu Android 13 yang secara internal disebut Tiramisu.

Android 14 Kapan Rilis Update?

Android 14 akan mengikuti jadwal rilis seperti versi sebelumnya . Google tidak membagikan tanggal pasti rilisnya, namun kami memperkirakan rilisnya akan terjadi pada bulan-bulan berikutnya:

  • Februari : Pratinjau Pengembang Android 14 part 1
  • Maret : Pratinjau Pengembang Android 14 part 2
  • April : Android 14 Beta part 1
  • Mei : Android 14 Beta part 2
  • Juni : Android 14 Beta part 3 (Stabilitas Platform)
  • Juli : Android 14 Beta part 4
  • Agustus : Android 14 Beta part 5

Google belum mengumumkan kapan versi final akan dirilis. Namun, kita dapat melihat ke versi sebelumnya untuk mendapatkan gambaran kapan tanggal peluncurannya. Pembaruan versi besar Android hampir selalu terjadi pada bulan September atau Oktober.

android versi terbaru

Apa Saja Fitur Android 14?

Pada saat artikel ini ditulis, Google belum mengungkapkan banyak tentang perubahan yang akan diberikan ke pengguna Android 14, namun ada beberapa area fokus, serta beberapa fitur yang sedang dalam pengembangan yang menarik untuk dinantikan.

Komunikasi Satelit

IPhone 14 memiliki fitur komunikasi satelit darurat yang memungkinkan Anda terhubung ke satelit saat Anda tidak memiliki koneksi Wi-Fi atau data. Hiroshi Lockheimer dari Google telah mengonfirmasi bahwa Android akan memiliki teknologi yang sama pada rilis berikutnya, Android 14.

Memisahkan Menu dari Pembaruan Sistem

Menu berbagi Android adalah salah satu area sistem operasi yang paling banyak dikeluhkan. Ini adalah menu yang muncul saat Anda ingin berbagi sesuatu dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya—atau ke orang tertentu. Saat ini, memperbarui menu berbagi memerlukan pembaruan sistem penuh, tetapi Android 14 mungkin membaginya menjadi modul yang dapat diperbarui secara independen. Ini akan memungkinkan Google memperbaruinya lebih sering dan mudah.

Mengadaptasi Aplikasi ke Ukuran Layar Berbeda

Yang pertama dan terpenting, Google terus berupaya menjadikan Android hebat untuk berbagai ukuran layar . Hal ini menjadi penting di era perangkat lipat dengan ukuran layar yang berubah-ubah. Google memperbarui daftar periksa kualitas aplikasi layar besarnya , sehingga memudahkan pengembang untuk melihat skala aplikasi mereka. Mereka juga memperkenalkan tata letak baru .

Pengaturan Preferensi Regional

Android 13 memperkenalkan pengaturan bahasa per aplikasi , dan Android 14 tampaknya menerapkan gagasan tersebut ke format lain. Fitur ” Preferensi Regional ” yang baru memungkinkan Anda mengatur preferensi untuk satuan cuaca, format kalender, dan angka. Dengan cara ini, misalnya, Anda tidak perlu memberi tahu aplikasi cuaca bahwa Anda lebih memilih Fahrenheit secara manual.

Dukungan Keyboard Fisik dan Touchpad yang Lebih Baik

Berbicara tentang ukuran layar, Android 14 mungkin menyertakan dukungan yang lebih baik untuk penggunaan keyboard fisik dengan tablet Android. Google sedang bersiap untuk menambahkan dukungan untuk menyesuaikan tombol pengubah, termasuk Caps Lock, Ctrl, Alt, Windows, dll. Ini akan membuat keyboard lebih berguna pada perangkat Android. Mungkin juga ada lebih banyak opsi tentang cara kerja gerakan dan pengguliran touchpad.

Pintasan layar kunci yang dapat disesuaikan bukanlah fitur baru di Android, tetapi fitur ini cukup terbatas pada perangkat Samsung Galaxy . Sekarang, ini akan menjadi fitur bawaan Android secara keseluruhan, dan merupakan hal yang menyenangkan untuk dimiliki.

Sebelumnya, Google memutuskan pintasan mana yang tersedia di layar kunci, dan pintasan tersebut mungkin bukan yang sebenarnya Anda gunakan. Android 14 memberi Anda slot kanan dan kiri untuk digunakan sebagai senter, Jangan Ganggu, kamera, Google Wallet, mute, Google Home, pemindai kode QR, atau kamera video.
Menunjukkan Bloatware

Beberapa perangkat Android dilengkapi dengan sejumlah bloatware pra-instal yang mengganggu. Ini bisa berupa apa saja, mulai dari aplikasi operator hingga game bersponsor. Android 14 mungkin menyertakan bagian di menu Opsi Pengembang untuk mencopot pemasangan ” Aplikasi Terpasang di Latar Belakang “, yang merupakan nama fiturnya. Belum jelas apakah ini akan berlaku untuk Android 14 atau 15.

Gerakan Kembali Prediktif

Gestur punggung di Android bukanlah yang terbaik, terutama karena aplikasi tidak selalu memperjelas ke mana Anda akan pergi saat menggunakan gestur tersebut. Untuk membuatnya lebih jelas, Android 14 akan menampilkan pratinjau ke mana Anda akan pergi saat menggunakan gerakan tersebut. Saat Anda menggesek dari sisi layar, Anda akan melihat sekilas layar sebelumnya.

Sideloading Aplikasi yang Lebih Membatasi

Sideloading adalah tindakan memasang aplikasi dari luar Play Store. Ini sangat mudah dilakukan—bahkan pada tablet Windows 11 dan Amazon Fire —yang membuatnya kurang aman dibandingkan menginstal dari app store. Android 14 tidak mengizinkan aplikasi yang menargetkan SDK versi 23 (Android 6) atau lebih rendah untuk di-sideload.

Peralihan SIM Ganda Otomatis

Saat ini, menggunakan dual SIM di ponsel Anda agak merepotkan. Anda harus berpindah SIM secara manual jika SIM utama tidak mendapat penerimaan yang baik. Opsi baru di pengaturan SIM bertujuan untuk memperbaikinya. Pengguna dapat mengaktifkan “Ganti Data Seluler Secara Otomatis”, dan Android akan mencoba beralih antar SIM secara otomatis berdasarkan jangkauan seluler. iPhone telah memiliki fitur ini selama beberapa tahun.

Kloning Aplikasi

Mengkloning aplikasi adalah sesuatu yang sebelumnya Anda perlukan aplikasi pihak ketiga atau ponsel Samsung . Android 14 mungkin menghadirkan fitur tersebut secara resmi ke Android. Menu “Aplikasi Kloning” baru hadir di bagian “Aplikasi”. Tidak semua aplikasi akan tersedia untuk dikloning, karena pengembang dan produsen dapat memilih untuk tidak ikut serta dalam fitur tersebut.

Gunakan Ponsel Android sebagai Webcam

Apple mengizinkan penggunaan iPhone sebagai webcam tahun lalu. Kini, Google juga ingin menambahkan kemampuan tersebut ke perangkat Android. Sebuah proyek yang sedang berjalan akan memungkinkan Anda untuk menyambungkan dan memainkan perangkat Android sebagai webcam “Kelas Video USB” (UVC). Artinya, ini akan berfungsi dengan mudah sebagai webcam di sebagian besar perangkat daripada dikunci ke sistem seperti metode Apple.

Dukungan Kunci Sandi untuk Aplikasi

Kunci sandi kini menjadi cara baru untuk masuk ke berbagai hal di ponsel Anda. Mereka mengganti kata sandi dan PIN dengan biometrik yang lebih aman. Dashlane—manajer kata sandi yang populer—telah mengumumkan dukungan untuk kunci sandi di Android 14. 1Password juga telah mengumumkan dukungan untuk kunci sandi, dan kita akan melihat lebih banyak lagi di masa mendatang.

Izin Foto Seperti iOS

IPhone memiliki opsi privasi— diperkenalkan di iOS 14 —yang memungkinkan Anda memberikan akses aplikasi untuk hanya memilih foto, bukan semua atau tidak sama sekali. Android 14 mungkin mendapatkan fitur serupa . Saat aplikasi meminta akses ke media, Anda hanya dapat memilih file yang ingin Anda berikan, atau mengizinkan aplikasi mengakses semua file. Tidak jelas apakah ini akan ada di versi final Android 14, tapi ini pasti akan menjadi perubahan yang disambut baik.

Android 14 Apa Namanya?

Perubahan kode di Proyek Sumber Terbuka Android (AOSP) mengungkapkan Android 14 codename adalah Upside Down Cake.

Untuk waktu yang lama, Google memiliki julukan makanan penutup untuk setiap rilis utama Android. Namun, ini berhenti setelah Android 9 Pie pada tahun 2018. Sejak itu, Android 10, Android 11, Android 12, dan Android 13 biasa saja.

Julukan publik mungkin sudah berakhir, namun julukan internal tetap ada. Nama kode internal Android 10 adalah “Quince Tart”, Android 11 adalah “Red Velvet Cake”, Android 12 adalah “Snow Cone”, dan Android 13 adalah “Tiramisu”.

HP Apa yang Akan Mendapatkan Android 14?

Pertanyaan besar dengan pembaruan Android baru adalah ponsel Android mana yang akan mendapatkannya. Google telah mengumumkan ponsel Pixel mana yang kompatibel dengan Pratinjau Pengembang Android 14. Seperti sebelumnya salah satu HP yang pertama kali bisa mencicipi Android versi terbaru adalah Pixel 4a (5G), Pixel 5 dan 5a, Pixel 6a, Pixel 6 dan 6 Pro, dan Pixel 7 dan 7 Pro

Biasanya, hanya ponsel Google Pixel yang dapat menginstal Pratinjau Pengembang. Namun kini, lebih banyak perangkat yang dapat menginstal Android 14 Beta. Seperti yang sebelumnya kita lihat, ada OnePlus, Xiaomi, Nokia, Oppo, Samsung, dan beberapa produsen perangkat lain yang telah mengeluarkan pembaruan versi beta.

Selain itu, juga akan dirilis image sistem generik (GSI) yang dapat diinstal pada perangkat dengan dukungan Project Treble . Ini lebih rumit daripada mendaftar di program beta , namun ini merupakan opsi bagi para penggemar dan pengembang.

Siska

[siska@berbagiteknologi.com] Hi, Saya adalah seorang cewek bawel yang mencintai dunia teknologi sejak kecil, kesibukan saya sekarang adalah kuliah dan juga menjadi penulis untuk situs Berbagi Teknologi ini.

Related Articles

Back to top button